Selamat datang di purnama-blog, semoga dapat memberi inspirasi, bermanfaat dan dapat menjadi pelajaran bagi rekan-rekan pembaca sekalian, amin !!!

labels

CINTA (6) EDUCATION (64) OTOMOTIF (39) RELIGI (16) Umum (31)

Rabu, 15 Mei 2013

Contoh RPP Sistem Rem Untuk Pengajaran Mikro



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
UNTUK LATIHAN PRAKTEK PENGAJARAN MIKRO
Mata Pelajaran          : Teknik Kendaraan Ringan
Kelas/ Semester         : XI/ 01
Pertemuan ke                        : 1
Waktu                                    : 15 menit


     I.     Keterampilan yang dilatihkan :
1.      Membuka pelajaran
2.      Memberi penguatan
3.      Menutup pelajaran
Komponen keterampilan yang dikontrakkan :
1.      Menarik Perhatian siswa
2.      Memberi penguatan verbal
3.      Meninjau kembali
A.  Standar Kompetensi : Pemeliharaan/Servis Sistem Rem
B.  Kompetensi Dasar :
1.      Mengetahui komponen-komponen pada system rem
2.      Memelihara Sistem Rem Dan Komponennya
C.  Indikator :
1.      Menjelaskan fungsi rem
2.      Menjelaskan cara kerja sistem rem
3.      Menjelaskan jenis-jenis rem
  II.     Tujuan Pembelajaran :
1.    Siswa mampu menjelaskan fungsi rem
2.    Siswa mampu menjelaskan cara kerja sistem rem
3.    Siswa mampu menjelaskan jenis-jenis rem
III.     Materi Ajar :
1.      Fungsi rem (terlampir)
2.      Cara kerja sistem rem (telampir)
3.      Jenis-jenis rem (telampir)

IV.     Langkah Pembelajaran :

No
Kegiatan
Komponen Keterampilan
Guru
Siswa
1
Menjelasakan pentingnya rem pada kendaraan

Menyimak/mendengarkan informasi dari guru

Menarik perhatian siswa
(dengan gambar)

2
Mengajukan pertanyaan tentang fungsi rem


Menjawab pertanyaan dari guru

Memberi penguatan verbal

3
Menjelaskan fungsi dan cara kerja rem
Mendengarkan penjelasan dari guru

Memberi penguatan verbal

4
Menjelaskan jenis-jenis rem
Mendengarkan penjelasan dari guru

Memberi penguatan verbal

5
Menyimpulkan fungsi dan cara kerja rem
Memperhatikan dan menanggapi rangkuman dari guru
Meninjau kembali


V.       Model dan Metode Pembelajaran :
a.       Model Pembelajaran              : Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
b.      Metode Pembelajaran            : Ceramah, demonstrasi
VI.     Alat dan Media Pembelajaran      :
a.       Alat                : LAPTOP, LCD
b.      Media             : Power point
VII.     Sumber pembelajaran :
Sucahyo, bagyo dkk. 2008. otomotif mesin tenaga. Jakarta : departemen pendidikan dan kebudayaan.

VIII.     Penilaian   :
a.       Teknik Penilaian         : Tes tertulis
b.      Jenis Penilaian            : Tes
IX.     Kesan sesudah pengajaran           :

  X.     Kesan sesudah diskusi dengan pengamat            :

                                        
                                                                             Surakarta,12 Maret 2013
Pembimbing                                                                     Guru

    
(Prof. Dr. M. Akhyar, M.pd.)                              (Bayu Gilang Purnomo)

                                       

                                                                     LAMPIRAN

SOAL TES

Pertanyaan
1.      Jelaskan beberapa fungsi rem ?
2.      Jelaskan bagaimana cara kerja sistem rem?
3.      Jelaskan jenis sistem rem berdasarkan komponen yang dioperasionalkan ?

Jawaban :
1.         Fungsi rem adalah
a.       Mengurangi laju kendaraan
b.      Menghentikan kendaraan
c.       Memarkir/Mengunci kendaraan
2.         Prinsip kerja pengereman adalah
Prinsip pengereman adalah mengurangi atau menghentikan kendaraan yang sedang bergerak melalui gesekan yang diberikan oleh antara kanvas rem dengan tromol roda
3.         Jenis sistem rem berdasarkan komponen yang dioperasikan
1.      Rem tromol
Cara kerjanya adalah apabila pedal rem ditekan maka tekanan hodrolik dari master silinder akan diteruskan kesilinder roda. Piston pada silinder roda mendorong sepatu rem sehingga terjadi gesekan antara tromol bagian dalam dengan kanvas rem. Dengan demikian roda akan berkurang kecepatan putarannya atau berhenti. Apabila pedal rem dilepas maka sepatu rem akan kembali keposisi semula karena ditarik oleh pegas pembalik. 
2.      Rem cakram
Terjadinya gaya pengereman pada rem cakram adalah akibat gesekan yang dilakukan oleh pad ( bantalan rem) terhadap cakram (piringan) dengan cara menjepit

MATERI
A.  REM
Rem merupakan salah satu sistem yang terdapat pada kendaraan. Rem mempunyai peranan yang sangat penting demi keamanan kendaraan itu sendiri,penumpang, dan orang lain. Oleh karena itu semua kendaraan harus diselalu dilengkapi dengan sistem rem.

B.  FUNGSI REM
  1. Mengurangi laju kendaraan
  2. Menghentikan kendaraan
  3. Memarkir/Mengunci kendaraan
C.  PRINSIP KERJA PENGEREMAN
Prinsip pengereman adalah mengurangi atau menghentikan kendaraan yang sedang bergerak melalui gesekan yang diberikan oleh antara kanvas rem dengan tromol roda. Roda depan dilakukan lebih awal. Roda belakang mengikuti.
Alasan:
             Saat dilakukan pengereman maka titik pusat gravitasi kendaraan akan pindah ke depan disebabkan adanya gaya inertia dan karena adanya beban yang menyatu pada bagian depan.

D.  JENIS REM
Berdasarkan komponen yang dioperasionalkan:
  1. Rem teromol   (drum brake)
Rem tromol banyak digunakan karena sederhana. Kekuatan dan gaya pengereman dilakukan oleh sepatu rem yang menekan permukaan tromol bagian dalam yang berputar bersama-sama dengan roda
Cara kerja rem tromol
Apabila pedal rem ditekan maka tekanan hodrolik dari master silinder akan diteruskan kesilinder roda. Piston pada silinder roda mendorong sepatu rem sehingga terjadi gesekan antara tromol bagian dalam dengan kanvas rem. Dengan demikian roda akan berkurang kecepatan putarannya atau berhenti. Apabila pedal rem dilepas maka sepatu rem akan kembali keposisi semula karena ditarik oleh pegas pembalik. 
  1. Rem cakram   (disc brake)
Rem cakram atau disc brake banyak dipakai pada kendaraan bermotor terutama yang bekecepatan tinggi. Terjadinya gaya pengereman pada rem cakram adalah akibat gesekan yang dilakukan oleh pad ( bantalan rem) terhadap cakram (piringan) dengan cara menjepit. Dilihat dari jumlah piston atau jenis caliper , rem cakram yang yang dipakai pada kendaraan bermotor dibedakan menjadi dua yaitu :
a.       Tipe satu piston (floating caliper)
Pada tipe ini tekanan hidrolik master silinder akan mendorong piston kearah kiri. Caliper bergerak berlawanan dengan gerak piston sehingga piringan akan terjepit
b.      Tipe dua piston (fixed caliper)
Pada tipe ini tenaga pengereman akan terjadi apabila terdapat tekanan hidrolik dari master silinder. Kemudian tekanan ini diteruskan ke kedua piston sehingga piston akan mendorong pad penjepit piringan.

Poskan Komentar