ASSALAMUALAIKUM WR. WB, Selamat datang di purnama-blog, semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca, Aamiin !!!

Monday, December 2, 2013

Jenis-jenis penggerak poros kam

Penggerak roda gigi

Jarak antara poros kam dengan poros engkol harus pendek * poros kam terletak di blok motor

Untuk memperkecil suara selalu digunakan roda gigi miring kadang-kadang roda gigi poros kam di buat dari bahan sintetis





Penggerak rantai

Jarak antara poros kam dengan poros engkol bisa panjang * poros kam dapat terletak diatas ( kepala silinder ) dan di bawah ( blok motor - OHV )

Pada rantai di pasang tensioner, biasanya tensioner hidrolis yang bekerja berdasarkan tekanan oli

Rantai yang lama akan bersuara
Sering terjadi kebocoran oli pada paking-paking rumah rantai

Penggerak sabuk timing bergigi

 Sabuk timing bergigi, sehingga penyetelan timing tidak berubah

Sabuk timing terbuat dari karet sintetis yang diperkuat dengan polyester.
DILARANG MEMBERI PELUMAS !

Tensioner perlu distel setiap 40.000 km. Jika tidak, sabuk menjadi kendor dan dapat melompat, penyetelan timing menjadi salah, kemungkinan katup akan bertumbukan dengan torak motor Jika tensioner disetel terlalu kencang, sabuk akan bersuara dan menjadi cepat aus


Read More..

Komponen-komponen Mekanisme katup (poros cam)

Poros Kam



Kegunaan poros kam
·         Membuka katup sesuai dengan urutan pengapian
·         Kadang-kadang sebagai penggerak Distributor, pompa oli dan pompa bensin

Pembebanan poros kam
·         Gesekan pada bantalan poros kam pada bidang lengkung
·         Pembengkokan waktu menekan katup
·         Momen puntir ( momen putar penggerak )

Pembuatan poros kam
·         Bahan : baja perkakas atau tuang khusus
·         Dituang atau ditempa sesuai bahannya, kemudian digerinda
·         Dikeraskan pada permukaan kam-kamnya dengan perlakuan panas

Bantalan poros kam
·         Bantalan luncur, dari campuran aluminium atau logam putih

Kedudukan bantalan
·         Karena diameter bantalan di buat bertingkat, maka cara memasukkan hanya dari satu sisi saja ( khusus OHV )

Letak poros kam
·         Makin dekat dengan katup makin ringan bagian-bagian yang menggerakkan katup, sehingga makin tinggi pula kemampuan putaran motor

Bagian bagian kam
Keterangan :
1.  Bidang buka
2.  Bidang tutup
h.  Tinggi angkat kam
d.  Diameter lingkaran dasar

Bentuk kam mempengaruhi :
      ·         Saat katup mulai membuka
      ·         Saat katup menutup
      ·         Lamanya katup terbuka ( sudut pengatur )
      ·     Tinggi angkat katup
Read More..

MEKANISME KATUP

Bagian-bagian mekanisme katup standar

Kegunaan mekanisme katup
·        Mengatur pemasukan gas baru ke dalam silinder
·        Mengatur pembuangan gas bekas ke saluran buang









Mekanisme katup dengan poros kam di bawah

Katup di samping ( Side Valve )
·       Katup berdiri
·       Poros kam terletak di bawah
·       Katup di samping blok motor
Keuntungan
   ·       Tidak berisik
   ·       Konstruksi sederhana
   ·       Tinggi motor menjadi pendek
Kerugian
   ·       Bentuk ruang bakar kurang mengun-
tungkan

   ·       Penyetelan celah katup sulit

Katup di kepala silinder ( Over Head Valve )
·       Katupnya menggantung
·       Poros kam terletak di bawah
·       Katupnya di kepala silinder
Keuntungan
  ·       Bentuk ruang bakar baik
Kerugian
Banyak bagian-bagian yang bergerak ë kelembaman massa besar ë tidak ideal untuk putaran tinggi





Mekanisme katup dengan poros kam di atas










Satu poros kam di kepala ( Over Head Camshaft )
·       Poros kam langsung menggerakkan  tuas katup ( Gb A ) atau tuas ayun katup ( Gb B )
Keuntungan
·       Sedikit bagian-bagian yang bergerak
     ·       Kelembaman massa kecil, baik untuk putaran tinggi
Kerugian
·       Konstruksi motor menjadi tinggi ( ada mekanisme tuas ayun )


    Dua poros kam di kepala ( Double Over Head Camsaft )
    ·       Kam langsung menggerakkan mangkok penumbuk.
    Keuntungan
    ·       Bentuk ruang bakar baik
    ·       Susunan katup-katup menguntungkan ( bentuk V )
    ·       Kelembaman massa paling kecil, baik untuk putaran tinggi
   Kerugian
    ·      Konsrtuksi mahal, lebih berat
   Penyetelan celah katup lebih sulit
Read More..