ASSALAMUALAIKUM WR. WB, Selamat datang di purnama-blog, semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca, Aamiin !!!

Saturday, June 18, 2011

Tugas II Landasan Keilmuan PTK

Nama      : Bayu Gilang Purnomo
Nim     : K2510019
MK     : Landasan Keilmuan PTK

1.Kebudayaan yaitu hasil kreasi manusia untuk  menjadikan kehidupan yang lebih baik. Setiap bangsa/daerah mempunyai kebudayaan yang berbeda-beda, hal ini karena pola kehidupan mereka berbeda antara bangsa/daerah satu dengan yang lain.
Teknologi yaitu perkembangan  suatu media/alat yang dapat mempermudah atau meringankan kerja manusia yang dapat dipergunakan secara efisien untuk  mengendalikan suatu masalah.
Pendidikan yaitu usaha sadar yang terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian , akhlak mulia , serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Kejuruan yaitu pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk  dapat bekerja dalam bidang tertentu.
Vokasi yaitu pendidikan kejuruan,dimana peserta didik dipersiapkan untuk dapat bekerja pada bidang tertentu.
Profesi yaitu pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus.Kompetensi yaitu poin –poin yang harus dicapai pada proses pendidikan.

2.Kebudayan dan teknologi menurut saya adalah dua item yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia, karena keduanya harus berjalan secara seimbang.

3.Bukti yang menyatakan bahwa kebudayaan telah ada di nusantara 100 thn sebelum indonesia merdeka yaitu :
Keris
Candi

4.SMK yaitu sekolah menengah kejuruan dimana peserta didik dituntut memiliki keahlian tertentu terhadap pengetahuan khusus.Peserta didik dipersiapkan untuk dapat langsung bekerja sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

5.Pendidikan Vokasi yaitu pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan keahlian tertentu, yang mencakup program pendidikan diploma 1, diploma 2, diploma 3, dan diploma 4 setara dengan sarjana.

6.Program studi/jurusan/bidang yang ada pada SMK
1.Teknik bangunan
2.Teknik geodesi dan geomatika
3.Teknik ketenagalistrikan
4.Teknologi informasi dan komunikasi
5.Teknologi broadcasting
6.Teknik elektronoka
7.Teknik pendingin dan tata udara
8.Teknik permesinan
9.Teknik otomotif
10.Bisnis dan managemen
11.Pariwisata
12.Tata boga
13.Tata kecantikan
14.Tata busana
15.Pekerjaan sosial
16.Agribisnis
17.Agroindustri
18.Seni rupa
19.Kerajinan
20.Seni pertunjukan
21.Teknologi pesawat udara
22.Teknik perkapalan
23.Teknologi tekstil
24.Grafika
25.Geologi pertambangan
26.Pelayaran
27.Telekomunikasi
28.Kesehatan
29.Kehutanan
30.Agro teknik
31.Kesehatan hewan
32.Teknologi
33.Teknologi industri
34.Perkantoran
35.Pemasaran
36.Sekertaris
37.Perhotelan
38.Teknik perminyakan
39.Kimia
40.Instrumentasi industri
41.Teknologi tekstil
42.Farmasi
43.Keperawatan
44.Akutansi
45.Perbankan
46.Asuransi
47.Seni rupa murni
48.Desain komunikasi grafis
49.Seni karawitan
50.Seni musik

7.Aptekindo yaitu Asosiasi Pendidikan Teknik dan Kejuruan Indonesia, merupakan suatu asosiasi pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan untuk para calon guru SMK,program diploma dan politeknik.

8.Perguruan tinggi penghasil guru SMK ada 15 yaitu :
a.Fakultas Teknik Universitas Negri Yogyakarta
b.Fakultas Teknik Universitas Negri Semarang
c.Fakultas Teknik Universitas Negri Jakarta
d.Fakultas Teknik Universitas Negri Malang
e.Fakultas Teknik Universitas Negri Medan
f.Fakultas Teknik Universitas Negri Padang
g.Fakultas Teknik Universitas Negri Makasar
h.Fakultas Teknik Universitas Negri Gorontalo
i.Fakultas Teknik Universitas Negri Surabaya
j.Fakultas Teknik Universitas Negri Manado
k.Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
l.Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja
m.Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta
n.Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan FKIP Universitas Nusa Cendana, Kupang
o.Jurusan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan FKIP Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh

9.Alasan pemerintah menetapkan perbandingan lulusan SMK 70 : 30 yaitu pemerintah menginginkan perubahan dimana perubahan tersebut dapat mengatasi pengangguran di usia produktif, karena sejak dulu image SMK di masyarakat buruk, mereka lebih memilih masuk SMA daripada SMK.padahal di SMK siswa dapat memperoleh keahlian khusus yang tidak terdapat di SMA yang dapat mengantarkan seseorang untuk dapat diterima di perusahaan atau bahkan dapat mendirikan usaha sendiri dengan keterampilan yang dimilikinya.

10.Menurut saya didak tepat apabila kelulusan UAN siswa SMK disamakan dengan siswa SMA karena di SMA siswa dipersiapkan memang untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi jadi mereka dibekali dengan materi-materi yang banyak, berbeda dengan siswa SMK,mereka dipersiapkan untuk dapat langsung bekerja di sebuah perusahaan atau malah menciptakan pekerjaan sendiri sehingga mereka lebih banyak dibekali dengan keteramplan(praktek) daripada teori.Jadi menurut saya tidak adil kalo kelulusan SMK hanya ditentukan dengan UAN(Matematika,B.Inggris,B.Indonesia) saja.

2 comments:

Anonymous said...

hahahaa :D
tugasnya pak mbing ya?

Bayu Gilang Purnomo said...

iya, nich hehehe
:D