ASSALAMUALAIKUM WR. WB, Selamat datang di purnama-blog, semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca, Aamiin !!!

Friday, December 16, 2011

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Dasar Teori
1.      Mesin Bubut
Membubut adalah proses pembentukan benda kerja dengan mennggunakan mesin bubut. Mesin bubut adalah perkakas untuk membentuk benda kerja dengan gerak utama berputar. Gerakan berputar inilah yang menyebabkan terjadinya penyayatan oleh alat potong (tool) terhadap benda kerja. Dengan demikian, prinsip kerja dari mesin bubut adalah gerak potong yang dilakukan oleh benda kerja yang berputar (bergerak rotasi) dengan gerak makan oleh pahat yang bergerak translasi dan dihantarkan pada benda kerja. Mesin bubut digunakan untuk mengerjakan bidang-bidang silindris luar dan dalam (membubut lurus dan mengebor), bidang rata (membubut rata), bidang tirus (kerucut), bentuk lengkung (bola), dan membubut ulir.  
Gerakan-Gerakan Dalam Membubut
a.      Gerakan berputar, yaitu bentuk gerakan rotasi dari benda kerja yang digerakanpada pahat dan dinamakan gerak potong.  
b.      Gerakan memanjang,yaitu bentuk gerakan apabila arah pemotonganna sejajar dengan  sumbu kerja. Gerakan ini disebut juga dengan gerakan pemakanan.
c.       Gerakan melintang, yaitu bentuk gerakan apabila arah pemotongan tegak lurus terhadap sumbu kerja. Gerakan ini disebut dengan gerakan melintang atau pemotongan permukaan.
2.      Mesin potong griding
Mesin gerinda mempunyai 2 gerakan utama yaitu berupa berputarnya benda kerja dan batu gerinda yang arah putarannya saling berlawanan sehingga batu gerinda dapat menyayat benda kerja. Namun mesin ini juga dapat mengerjakan penggerindaan muka (surface grinding).
Mesin gerinda duduk merupakan mesin yang biasa digunakan untuk mengasah pisau atau pahat. Selain itu juga bisa digunakan untuk merapikan hasil potongan atau hasil las.
B.     Tujuan Observasi
Tujuan dari observasi ini adalah:
a  Menambah ilmu pengetahuan tentang teori pemesinan
a  Memenuhi tugas kuliah teori pemesinan
a  Mengetahui cara kerja mesin perkakas secara langsung
C.    Tempat Observasi
Tempat observasi dilakukan di bengkel praktek pemesinan SMK 2 WONOGIRI, Jalan Raya Wonogiri – Ngadirojo Km 3, Bulusulur, Wonogiri, Jawa Tengah.
D.    Metode Pengumpulan Data
Dalam penyusunan laporan ini kami menggunakan beberapa sumber yaitu:
a  Wawancara langsung dengan petugas bengkel
a  Wawancara dengan peserta praktek di bengkel tersebut
a  Browsing internet
BAB 2
MESIN PERKAKAS
1.      Mesin Bubut
a.      Identitas Mesin
Jenis Mesin      : Mesin bubut lantai
Merk                : AERO Heavy Duty
Buatan             : China





No comments: