Belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian, ilmu pengetahuan. Sampai
dimanakah perubahan itu dapat dicapai atau dengan kata lain dapat berhasil baik
atau tidaknya belajar itu tergantung pada macam- macam factor.Adapun factor-
factor itu, dapat dibedakan menjadi dua golongan yaitu:
a. Faktor yang ada pada diri siswa
itu sendiri yang kita sebut factor individu. Faktor
yang datang dari diri siswa terutama kemampuan yang dimilikinya. Faktor
kemampuan siswa besar sekali pengaruhnya terhadap hasil belajar yang dicapai.
Seperti dikemukakan oleh Clark bahwa hasil belajar siswa di sekolah 70%
dipengaruhi oleh kemampuan siswa dan 30% dipengaruhi oleh lingkungan. Di
samping faktor kemampuan yang dimiliki siswa, juga ada faktor lain seperti
motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan,
sosial ekonomi, faktor fisik dan psikis (Sudjana, 1990). Adapun pengaruh dari
dalam diri siswa, merupakan hal yang logis dan wajar, sebab hakikat perbuatan
belajar adalah perubahan tingkah laku individu yang diniati dan disadari. Salah
satu lingkungan belajar yang paling dominan mempengaruhi hasil belajar di sekolah,
ialah kualitas pengajaran yaitu tinggi rendahnya atau efektif tidaknya proses
belajar mengajar dalam mencapai tujuan pengajaran.
b. Faktor yang ada pada luar
individu yang kita sebut dengan factor social. Salah
satu lingkungan belajar yang paling dominan mempengaruhi hasil belajar di sekolah, ialah kualitas
pengajaran yaitu tinggi rendahnya atau efektif tidaknya proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pengajaran.
Berdasarkan factor yang
mempengaruhi kegiatan belajar di atas menunjukkan bahwa belajar itu merupakan
proses yang cukup kompleks. Aktivitas balajar individu memang tidak selamanya
menguntungkan. Kadang- kadang juga tidak lancar, kadang mudah menangkap apa
yang dipelajari, kadang sulit mencerna materi pelajaran.
No comments:
Post a Comment