ASSALAMUALAIKUM WR. WB, Selamat datang di purnama-blog, semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca, Aamiin !!!

Saturday, June 29, 2013

Kompresor

Kompresor adalah pesawat/mesin yang berfungsi untuk memampatkan atau menaikkan tekanan udara (fluida gas) atau memindahkan fluida gas dari suatu tekanan statis rendah ke suatu keadaan tekanan statis yang lebih tinggi. Udara atau fluida gas yang dihisap kompresor biasanya adalah udara dari atmosfer walaupun banyak pula yang menghisap udara spesifik dan bertekanan lebih tinggi dari atmosfer (kompresor berfungsi sebagai penguat atau booster). Kompresor ada pula yang mengisap udara yang bertekanan lebih rendah daripada tekanan atmosfer kompresor ini biasa disebut pompa vakum.
Secara garis besar kompresor dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu Kompresor Perpindahan Positif (Positive Displacement Compressor), dan Kompresor Aliran (Dynamic Compressor). Positive Displacement Compressor, terdiri dari Reciprocating dan Rotary, sedangkan Dynamic compressor terdiri dari Centrifugal, Axial dan Ejector.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut:

No comments: