ASSALAMUALAIKUM WR. WB, Selamat datang di purnama-blog, semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca, Aamiin !!!

Monday, December 2, 2013

Jenis-jenis penggerak poros kam

Penggerak roda gigi

Jarak antara poros kam dengan poros engkol harus pendek * poros kam terletak di blok motor

Untuk memperkecil suara selalu digunakan roda gigi miring kadang-kadang roda gigi poros kam di buat dari bahan sintetis





Penggerak rantai

Jarak antara poros kam dengan poros engkol bisa panjang * poros kam dapat terletak diatas ( kepala silinder ) dan di bawah ( blok motor - OHV )

Pada rantai di pasang tensioner, biasanya tensioner hidrolis yang bekerja berdasarkan tekanan oli

Rantai yang lama akan bersuara
Sering terjadi kebocoran oli pada paking-paking rumah rantai

Penggerak sabuk timing bergigi

 Sabuk timing bergigi, sehingga penyetelan timing tidak berubah

Sabuk timing terbuat dari karet sintetis yang diperkuat dengan polyester.
DILARANG MEMBERI PELUMAS !

Tensioner perlu distel setiap 40.000 km. Jika tidak, sabuk menjadi kendor dan dapat melompat, penyetelan timing menjadi salah, kemungkinan katup akan bertumbukan dengan torak motor Jika tensioner disetel terlalu kencang, sabuk akan bersuara dan menjadi cepat aus


No comments: