Kegunaan mekanisme katup
·
Mengatur
pemasukan gas baru ke dalam silinder
· Mengatur pembuangan gas bekas ke saluran buang
Mekanisme katup dengan poros kam di bawah
Katup di samping ( Side Valve )
· Katup
berdiri
· Poros
kam terletak di bawah
· Katup
di samping blok motor
Keuntungan
· Tidak berisik
· Konstruksi sederhana
· Tinggi motor menjadi pendek
Kerugian
· Bentuk ruang bakar kurang mengun-
tungkan
· Penyetelan celah katup sulit
Katup di kepala silinder ( Over
Head Valve )
· Katupnya
menggantung
· Poros
kam terletak di bawah
· Katupnya
di kepala silinder
Keuntungan
· Bentuk ruang bakar baik
Kerugian
Banyak
bagian-bagian yang bergerak ë kelembaman massa besar
ë tidak ideal untuk
putaran tinggi
Mekanisme katup dengan poros kam di
atas
Satu poros kam di kepala ( Over
Head Camshaft )
· Poros
kam langsung menggerakkan tuas katup (
Gb A ) atau tuas ayun katup ( Gb B )
Keuntungan
· Sedikit bagian-bagian yang bergerak
·
Kelembaman
massa kecil, baik untuk putaran tinggi
Kerugian
· Konstruksi motor
menjadi tinggi ( ada mekanisme tuas ayun )
Dua poros kam di kepala
( Double Over Head Camsaft )
· Kam
langsung menggerakkan mangkok penumbuk.
Keuntungan
· Bentuk ruang bakar baik
· Susunan katup-katup
menguntungkan ( bentuk V )
· Kelembaman massa paling
kecil, baik untuk putaran tinggi
Kerugian
· Konsrtuksi mahal, lebih
berat
Penyetelan celah
katup lebih sulit
No comments:
Post a Comment