ASSALAMUALAIKUM WR. WB, Selamat datang di purnama-blog, semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca, Aamiin !!!

Monday, December 2, 2013

MEKANISME KATUP

Bagian-bagian mekanisme katup standar

Kegunaan mekanisme katup
·        Mengatur pemasukan gas baru ke dalam silinder
·        Mengatur pembuangan gas bekas ke saluran buang









Mekanisme katup dengan poros kam di bawah

Katup di samping ( Side Valve )
·       Katup berdiri
·       Poros kam terletak di bawah
·       Katup di samping blok motor
Keuntungan
   ·       Tidak berisik
   ·       Konstruksi sederhana
   ·       Tinggi motor menjadi pendek
Kerugian
   ·       Bentuk ruang bakar kurang mengun-
tungkan

   ·       Penyetelan celah katup sulit

Katup di kepala silinder ( Over Head Valve )
·       Katupnya menggantung
·       Poros kam terletak di bawah
·       Katupnya di kepala silinder
Keuntungan
  ·       Bentuk ruang bakar baik
Kerugian
Banyak bagian-bagian yang bergerak ë kelembaman massa besar ë tidak ideal untuk putaran tinggi





Mekanisme katup dengan poros kam di atas










Satu poros kam di kepala ( Over Head Camshaft )
·       Poros kam langsung menggerakkan  tuas katup ( Gb A ) atau tuas ayun katup ( Gb B )
Keuntungan
·       Sedikit bagian-bagian yang bergerak
     ·       Kelembaman massa kecil, baik untuk putaran tinggi
Kerugian
·       Konstruksi motor menjadi tinggi ( ada mekanisme tuas ayun )


    Dua poros kam di kepala ( Double Over Head Camsaft )
    ·       Kam langsung menggerakkan mangkok penumbuk.
    Keuntungan
    ·       Bentuk ruang bakar baik
    ·       Susunan katup-katup menguntungkan ( bentuk V )
    ·       Kelembaman massa paling kecil, baik untuk putaran tinggi
   Kerugian
    ·      Konsrtuksi mahal, lebih berat
   Penyetelan celah katup lebih sulit

No comments: