ASSALAMUALAIKUM WR. WB, Selamat datang di purnama-blog, semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca, Aamiin !!!

Monday, December 2, 2013

Komponen-komponen Mekanisme katup (poros cam)

Poros Kam



Kegunaan poros kam
·         Membuka katup sesuai dengan urutan pengapian
·         Kadang-kadang sebagai penggerak Distributor, pompa oli dan pompa bensin

Pembebanan poros kam
·         Gesekan pada bantalan poros kam pada bidang lengkung
·         Pembengkokan waktu menekan katup
·         Momen puntir ( momen putar penggerak )

Pembuatan poros kam
·         Bahan : baja perkakas atau tuang khusus
·         Dituang atau ditempa sesuai bahannya, kemudian digerinda
·         Dikeraskan pada permukaan kam-kamnya dengan perlakuan panas

Bantalan poros kam
·         Bantalan luncur, dari campuran aluminium atau logam putih

Kedudukan bantalan
·         Karena diameter bantalan di buat bertingkat, maka cara memasukkan hanya dari satu sisi saja ( khusus OHV )

Letak poros kam
·         Makin dekat dengan katup makin ringan bagian-bagian yang menggerakkan katup, sehingga makin tinggi pula kemampuan putaran motor

Bagian bagian kam
Keterangan :
1.  Bidang buka
2.  Bidang tutup
h.  Tinggi angkat kam
d.  Diameter lingkaran dasar

Bentuk kam mempengaruhi :
      ·         Saat katup mulai membuka
      ·         Saat katup menutup
      ·         Lamanya katup terbuka ( sudut pengatur )
      ·     Tinggi angkat katup

No comments: