ASSALAMUALAIKUM WR. WB, Selamat datang di purnama-blog, semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca, Aamiin !!!

Tuesday, October 9, 2012

ALAT PENILAIAN BENTUK TES


BAB I
PENDAHULUAN 
A.    Latar belakang
Penilaian merupakan suatu kegiatan yang tak mungkin dipisahkan dari kegiatan pendidikan dan pengajaran  secara umum.menurut cronbach(dalam nurgiyanto, 2009 7) penilaian adalah proses pengumpulan dan penggunakan informasi yang di pergunakan sebagai dasar pembuatan keputusan tantang proses pendidikan. Kegiatan pengajaran.kita akan memerlukan alat yang harus di pakai agar kegiatan itu dapat berlangsung seperti yang di rencanakan.kegiatan penilaian juga memerlukan alat,yaitu yang di kenal sebagai alat penilitian .
Secara garis besar,alat penilaian dapat  di bedakan menjadi dua macam,yaitu tes dan nontes.baik teknis maupun non tenis keduanya dapat dipergunakan untuk mendapatkan informasi atau data-data penilaian tentang subjek yang di nilai secara berhasil guna jika di pakai secara tepat.artinya,kita harus dapat menetukan kapan mempergunakn alat tes dan nontes.
Pada makalah ini akan membahas mengenai bentuk tes.bentuk tes di maksudkan bentuk-bentuk pertanyaan,tugas, atau latihan yang harus di kerjakan oleh siswa.secara garis besar bentuk tes dapat di bedakan menjadi dua,yaitu tes esai(subjektif) dan tes objektif
B.     Rumusan masalah
1.      Apa sajakah macam-macam bentuk tes?
2.      Bagaimana kelebihan dan kelemahan tes esai dan tes  objektif?
3.      Bagaimana usaha mengurangi kelemahan tes esai dan tes objektif?
C.    Tujuan
1.      Mengidentifikasi macam-macam bentuk  tes.
2.      Mendiskripsikan kelebihan dan kelemahan tes esai dan tes objektif.
D.    Manfaat
1.      Dapat mengidentifikasi macam-macam bentuk tes.
2.      Dapat mendiskripsikan kelebihan dan kelemahan tes esai dan tes objektif.
3.      Dapat mendiskripsikan usaha mengurangi kelemahan tes esai dan tes objektif.

BAB II
PEMBAHASAN
Tes adalah seperangkat tugas atau pertanyaan yang di pergunakan untuk mengukur keterampilan,pengetahuan,kemampuan,atau bakat yang dimliki seseorang atau kelompok. bentuk tes berisi tentang bentuk-bentuk pertanyaan, tugas dan latihan yang di kerjakan oleh siswa.secara garis besar bentuk tes dibedakan menjadi:
1.Tes esai
Menurut nurgiyantoro (2009:71) tes esai adalah suatu bentuk pertanyaan yang menurut  jawaban siswa dalam bentuk uraian . Tes bentuk esai siswa dituntut untuk berfikir tentang pertanyaan yang harus di jawab.
Tes esai juga disebut tes subjektif. Tes subjektif menginginkan siswa untuk menunjukan kemampuanya dalam menerapkan pengetahuan, menganalisis, menghubungkan, mengevaluasi informasi baru yang dihadapkan kepadanya.
Kelebihan dan kelemahan tes bentuk esai adalah sebagai berikut:
·         Kelebihan
a.       Memaksa siswa untuk mengemukakan jawabanya ke dalam bahasa yang benar.
b.      Memaksa siswa untuk mempergunakan pikiranya sendiri.
c.       Mudah di susun dan tidak menghabiskan waktu.
·         Kekurangan
a.       Penilaian tidak mudah di tentukan standarya.
b.      Waktu yang di gunakan untuk memeriksa pekerjaan siswa relatif lama.
c.       Usaha untuk mengurangi kelemahan tes esai
d.      Pertanyaan hendakya yang menuntut jawaban tersebut.

·         Usaha untuk mengurangi kelemahan tes esai
a.       Bahan yang di pilih untuk diteskan hendakya berupa bahan utama yang dapat mewakili bahan lain yang tidak diteskan
b.      Pertanyaan hendakya yang menuntut jawaban tertentu
c.       Sebelum menilai hendakya menyusun pedoman penilaian
d.      Sebelum menilai hendakya menyusun pedoman penilaian.
·         Penggunakan tes esai
a.       Jumlah siswa yang akan di tes relative kecil
b.      Bertujuan memberanikan siswa untuk mengumukakan kemampuan berfikirya
c.       Mempunyai waktu yang cukup untuk memeriksa pekerjaan siswa
2. Tes objektif
Menururt nurgiyantoro (2009:75-76). tes objektif juga di sebut jawaban singkat .sesuai degan namanya tes jawab singkat menuntut siswa hanya dengan memberikan jawaban singkat,bahkan hanya dengan memilih kode-kode tertentu yang mewakili alternative jawaban yang telah di sediakan.jawaban tes objektif bersifat pasti.hanya satu kemungkinan  yang benar
Kelebihan dan kelemahan tes objektif adalah sebagai berikut:
·         Kelebihan
a.       Hanya memungkinkan adanya satu jawaban yang benar
b.      Sangat mudadh di koreksi,karena tinggal mencocokan dengan kunci jawaban.
c.       Hasil pekerjaan dapat di koreksi secara cepat .
·         Kelemahan
a.       Membutuhkan waktu yang lama
b.      Pihak siswa yang mengerjakan tes mungkin sekali melakukan hal yang bersifat untung-untungan

·         Usaha mengurangi kelemahan tes objektif
a.       Penyusunan butir-butir soal tes hendakya mendasarkan diri pada tabel spesifikasi yang telah di persiapkan sebelumya.
b.      Untuk mengatasi siswa yang untung-untungan dapat di atasi dengan menggunakan rumus tebakan.
c.       Besarya dana dapat di atasi dengan mempergunakan alat tes lebih dari satu kali.
Macam tes objektif
Jenis tes objektif yang banyak di pergunakan orang adalah:
1.      Tes benar salah
Tes benar salah adalah bentuk tes yang terdiri dari sebuah peryataan yang mempunyai dua kemungkinan yaitu benar dan salah.ada beberapa pertimbangan tentang di pergunakanya tes bentuk benar-salah sebagai alat ukur hasil beljar siswa .
Kelebihan dan kelemahan tes benar –salah adalah:
a.       Kelebihan
1)      Berhubung pertanyaan singkat tes benar-salah dapat mencakup bahan yang luas.
2)      Penyusu tes benar salah mudah di lakukan.
3)      Siswa dengan cepat dapat memahami petunjuk pengerjaan soal.
4)      Guru dapat memeriksa pekerjaan dengan cepat.
b.      Kelemahan
1)      Pertanyaan yang kurang tepat dapat membingungkan siswa.
2)      Jawaban yang benar salah kasang-kadang mudah di tebak.
3)      Kemungkinan adanya siswa yang bersikap untung-untungan cukup besar.
2.      Tes pilihan ganda
Tes pilihan ganda merupakan suatu bentuk tes yang paling banyak di pergunakan dalam dunia pendidikan . pada hakikatya,tes pilihan ganda tak berbeda dengan tes benar salah. Tes pilihan ganda juga memberikan pertanyaan benar salah pada setiap alternative jawaban , hanya yang salah lebih dari sebuah.jasi.siswa  juga terlibat dalam aktifitas menilai pertanyaan pertanyaan benar dan salah.akan tetapi,karena pertanyaan yang salah lebih banyak ,kemugkinan untuk bersepekulasi mendapatkan jawaban yang benar lebih kecil daripada tes benar salah.
Contoh:
Buyung,wak katok,dan pak haji adalah para pelaku dalam noval…
a.       Maut dan cinta
b.      Harimau!harimau!
c.       Pasa sebuah kapal
d.      Tanah gersang
Kelebihan dan kelemahan tes pilihan ganda tag berbeda halya dengan kelebihan kelemahan tes objektif. Untuk mengatasi kelemahan tes pilhan ganda kita dapat menyusun tes pilihan ganda secara berfariasi,misalya tes yang berupa tinjauan kasus,analisis hubungan sebab-akibat,melengkapi berganda,dan membaca diagram dan tabel
Saran penyusunan tes pilhan ganda.
1)      Pertanyaan pokok hendakya hanya berisi satupermasalahan.
2)      Semua alternative jawaban yang di sediakan harus mempunyai hubungan gramatikal yang benar dan sesuai pertanyaan.
3)      Panjang tiap option hendakya kurang lebih sama.
4)      Kita harus menghindari pemberitahuan jawaban yang benar secara tidak langsung.

3.      Tes isian
Tes isian merupakan suatu bentuk tes objektif yang terdiri dari pertanyaan pertanyaan yang sengaja di hilangkan sebagian unsurya,atau yang sengaja di buat secara tidak lengkap.
Contoh tes isian:
Kalimat yang paling tidak memiliki unsure subjek dan predikat di sebut kalimat…….
Saran penyusunan tes isian
a.       Tiap satu pertanyaan yang berisi tempat kosong yang harus di jawab siswa harus hanya berisi satu kemungkinan jawaban yang benar
b.      Pemberian tempat kosong atau titik-titik hendakya sama panjang agar tidak menimbulkan penafsiran tertentu pada pihak siswa.
c.       Tempat kosong sebaikya tidak di tempatkan pada awal karena hal itu kurang mendorong lancarya pemikiran siswa.
4.      Tes penjodohan
Tes bentuk penjodohan,siswa di tuntut menjodohkan,mencocokan, menyesuaikan, atau menghubungkan antara dua pertanyaan yang disediakan .
Contoh:
1.      Cari mahkluk hidup…..
2.      Hewan yang dapat berubah warna……
3.      Alat pernafasan pada ikan…..
a.       Insang                  d. Bernafas
b.      Bunglon               e.Trakea
c.       Komodo

BAB III
PENUTUP 
Kesimpulan
Tes adalah seperangkat tugas atau pertanyaan yang di pergunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan, intelegansi, kemampuan, atau bakat yang di miliki seseorang atau kelompok.tes di bedakan menjadi dua,yaitu:tes esai dan tes objektif.
Tes objektif di bagi menjasi 4 macan yaitu:tes benar salah(bentuk tes yang terdiri dari sebuah pertanyaan yang mempunyai due kemungkinan;benar atau salah),tes pilihan ganda(suatu bentuk tes objektif yang terdiri dari pertanyaan pertanyaan yang sengaja di hilangkan sebagian unsurya,atau yang sengaja di buat secara tidak lengkap),dan tes penjodohan (bentuk  tes yang memilih satu jawaban paling benar sari pada beberapa pilihan).
Saran
Semoga dengan pembuatan makalah dengan tema alat penilaian bentuk tes ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat mengembangkan motifasi belajar dalam pembelajaran.

No comments: