Motor empat langkah (4
tak) adalah motor yang menyelesaikan satu siklus kerjanya dalam empat gerakan
torak atau dua kali putaran poros engkol (crankshaft).
Jadi dalam empat gerakan torak tersebut meliputi langkah pengisian, kompresi
dan penyalaan, usaha/kerja serta langkah buang. Titik paling atas yang dicapai oleh gerakan
torak pada silinder disebut Titik Mati Atas (TMA). Sedangkan titik terendah
yang dicapai oleh ujung atas torak pada silinder disebut Titik Mati Bawah
(TMB). Bila torak bergerak dari TMA sampai ke TMB atau sebaliknya, dikatakan
bahwa torak melakukan satu langkah. Untuk setiap siklus, pada motor 4 langkah
terdapat 4 kali gerakan torak.
a.
Langkah
Hisap
Pada langkah
hisap, torak bergerak dari TMA ke TMB. Pergerakan torak dari TMA ke TMB ini
mengakibatkan terjadi Kehampaan (vacuum)
di dalam silinder. Selama langkah torak ini katup hisap terbuka dan katup buang
tertutup. Dengan demikian campuran bahan bakar dan udara dihisap kedalam silinder.
Katup hisap kemudian tertutup saat torak mencapai TMB.
b.
Langkah
Kompresi
Pada langkah
kompresi, torak bergerak dari TMB ke TMA. Dalam gerakan ini campuran bahan
bakar dan udara di dalam silinder dimampatkan (terkompresikan). Kedua katup
yaitu katup hisap dan katup buang dalam keadaan tertutup. Akibat kompresi ini,
suhu dan tekanan gas naik, sehingga gas akan mudah terbakar. Sesaat sebelum
torak mencapai TMA, busi memberi loncatan bunga api dan terjadilah pembakaran.
Sampai langkah ini poros engkol berputar satu kali.
c.
Langkah
Kerja
Pada langkah
kerja/usaha, keadaan kedua katup tertutup dan torak terdorong dari TMA ke TMB
oleh kekuatan tekanan gas hasil pembakaran. Pergerakan torak dari TMA ke TMB
akan memutar poros engkol dengan perantaraan batang penggerak, yang selanjutnya
dijadikan sebagai tenaga gerak dari mesin. Dikatakan juga gas menghasilkan
usaha. Karena ini proses inijuga disebut langkah usaha atau langkah kerja.
Sampai langkah kerja ini torak telah melakukan tiga langkah dan poros beputar
satu setengah putaran.
d.
Langkah
Buang
Pada langkah
buang, torak bergerak dari TMB ke TMA, katup buang terbuka dan katup masuk
tertutup, sehingga gas sisa hasil pembakaran terdorong keluar silinder melalui
lubang katup buang dan saluran pembuangan. Setelah torang mencapai TMA, dari
sini akan dimulai lagi siklus berikutnya yang diawali dengan penghisapan gas
baru. Motor telah melakukan empat langkah penuh yaitu
hisap, kompresi, kerja dan buang. Poros engkol berputar dua putaran penuh dang
menghasilkan satu tenaga.
No comments:
Post a Comment