ASSALAMUALAIKUM WR. WB, Selamat datang di purnama-blog, semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca, Aamiin !!!

Wednesday, December 17, 2014

Perbandingan campuran antara udara dengan bensin (Air to Fuel ratio/AFR)

Perbandingan campuran antara udara dengan bensin (Air to Fuel ratio/AFR) adalah perbandingan antara jumlah udara yang masuk ke ruang bakar dengan jumlah syarat udara menurut teori. Simbol perbandingan udara yang masuk ke silinder mesin dengan jumlah udara menurut teori dinyatakan dengan λ (lambda).
Perbandingan campuran bensin dan dan udara ideal (campuran bensin dan udara untuk pembakaran dengan tingkat polusi yang paling rendah) adalah 1 : 14,7 atau dalam ukuran liter dapat disebutkan 1 liter bensin 1 liter bensin secara ideal harus bercampur dengan 11500 liter udara. AFR ideal adalah 1. Hubungan antara campuran dengan kadar CO, HC dan Nox dari gas buang akan terlihat pada Gambar  berikut:


Perbandingan campuran (AFR) yang gemuk atau kaya akan menyebabkan emisi gas buang CO menjadi tinggi. AFR yang gemuk juga akan membuat emisi gas buang HC menjadi tinggi. Sebaliknya, bila campuran lebih kurus dari 1:14,7 akan menyebabkan kadar CO dan HC akan berkurang.

No comments: