ASSALAMUALAIKUM WR. WB, Selamat datang di purnama-blog, semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca, Aamiin !!!

Wednesday, December 17, 2014

Proses Pembakaran

Pembakaran campuran udara dan bensin diawali dengan loncatan api busi pada akhir langkah kompresi. Umumnya temperatur kerja motor antara 82 ˚C sampai 99˚C. Pada saat komponen motor mencapai temperatur tersebut, komponen motor akan memuai sehingga celah (clearance) pada masing-masing komponen menjadi tepat. Di samping itu kerja motor menjadi maksimum dan emisi gas buang yang ditimbulkan menjadi minimum. Dengan adanya sejumlah bahan bakar di dalam silinder yang sudah bercampur dengan udara yang kemudian dibakar dengan percikan bunga api dari busi lalu temperatur ruang pembakaran akan naik yang mengakibatkan naiknya tekanan dalam silinder dan memungkinkan terjadinya gerakan torak akibat tekanan tersebut selanjutnya motor dapat bekerja. Secara umum pembakaran didefinisikan sebagai reaksi kimia atau reaksi persenyawaan bahan bakar dan oksigen dengan diikuti sinar atau panas. (Toyota Step 2, 1988: 2-2). 
Saat temperatur dinding silinder yang dingin mengakibatkan pembakaraan menjadi tidak sempurna sehingga gas buang banyak mengandung emisi yang merugikan manusia.  Makin sempurna pembakaran, jumlah CO semakin sedikit. Pada pembakaran yang tidak sempurna sejumlah bahan bakar (unsur-unsur C dan H) terbuang ke udara. Selain mengotori udara (polusi) gas ini juga berbahaya dan tergolong sebagai racun.

No comments: