ASSALAMUALAIKUM WR. WB, Selamat datang di purnama-blog, semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca, Aamiin !!!

Sunday, May 26, 2013

INOVASI PENEMPATAN KATUP

Mekanisme katup dibagi berdasarkan penempatan katup. Inovasi mesin pada sepeda motor dilakukan untuk mengantisipasi kecepatan tinggi, penambahan tenaga output dan upaya konstruksi seringan mungkin. Secara umum ada tiga macam inovasi katup dari segi penempatannya, yaitu Katup Samping (Side Valve), Overhead-Valve (OHV) dan Overhead Camshaft (OHC).
Tipe SV merupakan konstruksi yang paling sederhana dan ringan dengan mekanis penggeraknya ditempatkan di samping. Pada tipe katup samping, poros bubungan dipasang pada poros engkol dan mendorong keatas dan menggerakkan katup.Tipe ini kurang mampu melayani putaran tinggi, karena katup terpasang disamping torak sehingga ruang pembakaran lebih besar dan interval waktu pembakaran menjadi lama. Pada waktu sekarang tipe ini tidak lagi digunakan.
Pada tipe OHV posisi katup berada diantara torak dan digerakkan oleh lengan penekan. Tipe OHV memiliki ruang kompresinya lebih kecil, sehingga dapat menghasilkan perbandingan kompresi yang tinggi dan tenaga mesin menjadi lebih besar. Tipe OHV dilengkapi dengan batang penekan (push rod)yang panjang. Hal inimenyebabkan gerakan balik lengan penekanlebih besar dari jarak katup ke poros bubungan. Sehingga kurang stabil pada putaran tinggi.
Pada tipe OHC, poros bubungan ditempatkan dibagian atas tengah kepala silinder. Pada tipe ini batang penekan tidak ada, sehingga gerakan balik dapat dinetralisir. Pada meknisme OHC, terdapat dua metode penggerak poros bubungyakni menggunakan shaft dan cam chain (rantai). Secara umumtipe OHC dibagi menjadi dua macam yakni  SOHC (Single Over Head Camshaft) dan DOHC (Double Over Head Camshaft). Pada SOHC hanya menggunakan satu poros bubungan dan DOHC menggunakan dua poros bubungan.
Pada sepeda motor Suzuki Shogun 125 SP menggunakan mekanisme katup SOHC dengan rantai sebagai penggerak poros bubunganya. Rantai akan memutar poros bubungan sehingga langsung menekan rocker arm. Pada tipe ini memiliki komponen yang relatif sedikit sehingga pada putaran tinggi tetap stabil. 


No comments: