Motor otto adalah motor yang menggunakan bahan bakar bensin,
paraffin atau gas, bahan bakar yang mudah terbakar dan mudah menguap. Campuran
bahan bakar dan udara yang dihisap masuk ke dalam silinder poros bubungan kemudian
dikompresikan oleh torak pada tekanan 8–15 kg/cm².Dengan pengkompresian itu
menyebabkan naiknya suhu, sehingga mempermudah bahan bakar dan udara terbakar.Dengan
percikan bunga api, bahan bakar dan udara terkompresi maka akan terbakar dengan
cepat. Kecepatan pembakaran melalui campuran bahan bakar udara biasanya10-25
m/detik. Suhu udara naik hingga 2000-2500ยบ C dan tekanan 30-40 kg/cm². Tekanan
tinggi tersebut menekan torak lurus ke bawah. (Daryanto, 2002: 18)
Tertekannya torak kebawah merupakan langkah usaha karena
adanya tenaga dari hasil pembakaran. Torak yang terkait dengan poros engkol dengan
perantara batang torak secara langsung menyebabkanberputarnya poros engkol.
Putaran dari poros engkol akan menyimpan tenaga hingga torak bergerak ke atas
melakukan langkah buang serta memenuhi siklus kerja yakni langkah hisap dan
kompresi.Siklus kerja tersebut bekerja secara terus menerus, ketika bahan bakar
dan udara masih tersuplai serta terdapat percikan bunga api (100
sebelum TMA) pada langkah kompresi.Untuk motor bensin bekerja berdasarkan
prinsip kerja motor 2 tak atau 4 tak.
No comments:
Post a Comment