ASSALAMUALAIKUM WR. WB, Selamat datang di purnama-blog, semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca, Aamiin !!!

Sunday, May 26, 2013

MOTOR BENSIN ATAU OTTO

Motor otto adalah motor yang menggunakan bahan bakar bensin, paraffin atau gas, bahan bakar yang mudah terbakar dan mudah menguap. Campuran bahan bakar dan udara yang dihisap masuk ke dalam silinder poros bubungan kemudian dikompresikan oleh torak pada tekanan 8–15 kg/cm².Dengan pengkompresian itu menyebabkan naiknya suhu, sehingga mempermudah bahan bakar dan udara terbakar.Dengan percikan bunga api, bahan bakar dan udara terkompresi maka akan terbakar dengan cepat. Kecepatan pembakaran melalui campuran bahan bakar udara biasanya10-25 m/detik. Suhu udara naik hingga 2000-2500ยบ C dan tekanan 30-40 kg/cm². Tekanan tinggi tersebut menekan torak lurus ke bawah. (Daryanto, 2002: 18)

Tertekannya torak kebawah merupakan langkah usaha karena adanya tenaga dari hasil pembakaran. Torak yang terkait dengan poros engkol dengan perantara batang torak secara langsung menyebabkanberputarnya poros engkol. Putaran dari poros engkol akan menyimpan tenaga hingga torak bergerak ke atas melakukan langkah buang serta memenuhi siklus kerja yakni langkah hisap dan kompresi.Siklus kerja tersebut bekerja secara terus menerus, ketika bahan bakar dan udara masih tersuplai serta terdapat percikan bunga api (100 sebelum TMA) pada langkah kompresi.Untuk motor bensin bekerja berdasarkan prinsip kerja motor 2 tak atau 4 tak.

No comments: