Motor empat tak adalah motor yang melakukan dua putaran poros
engkol atau empat langkah torakyakni langkah hisap, kompresi, usaha, dan buang, tetapi
bekerjanya katup hanya dibutuhkan dalam 2 proses yaitu langkah hisap dan
langkah buang. Mekanisme katup ini dirancang sedemikian rupa sehingga poros
bubungan berputar satu kali untuk menggerakan katup hisap dan buang setiap kali
berputarnya poros engkol.
Camchain sporketdipasang pada ujung poros bubungan.
Poros bubungan digerakkan oleh poros engkol melalui timingchain atau timingbelt.
Mekanisme katup berfungsi untuk membuka dan menutup hubungan saluran
masuk ke ruang bakar dan ruang bakar ke saluran buang, pada saat yang tepat
sesuai dengan proses kerja motor.
Mekanisme katup harus menjamin katup tertutup dengan rapat
sehingga tidak terjadi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran.
Katup harus terbuka dengan tepat dengan lebar sesuai dengan
karakteristikcampuran bahan bakar dan udara yang masuk maupun gas sisa
pembakaran keluar keknalpot. Kerja
dan fungsi mekanisme katup mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap
performa dan karakteristik mesin.
Saat poros engkol berputar menyebabkan poros bubungan
juga berputar. Berputarnya poros bubungan akan menekan kebawah lifter dan membuka katup. Bila sumbu bubungan
terus berputar, maka katup akan menutup dengan adanya tekanan pegas.
Perputar satu kali poros bubungan, akan membuka-menutup
katup hisap dan buang satu kali pada setiap dua putaran poros engkol.Mekanisme
katup pada motor empat langkah terdapat pada kepala silinder.
No comments:
Post a Comment