ASSALAMUALAIKUM WR. WB, Selamat datang di purnama-blog, semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca, Aamiin !!!

Monday, March 26, 2018

Ketrampilan Abad 21 di era Disruption

Keterampilan abad 21 meliputi (1) life and career skills, (2) learning and innovation skills, dan (3) Information media and technology skills. Ketiga keterampilan tersebut dirangkum dalam sebuah skema yang disebut dengan pelangi keterampilan-pengetahuan abad 21/21st century knowledge-skills rainbow (Trilling dan Fadel, 2009). Skema tersebut diadaptasi oleh organisasi nirlaba P21 yang mengembangkan kerangka kerja (framework) pendidikan abad 21 ke seluruh dunia. Skema ini menyajikan pandangan menyeluruh tentang keterampilan dan pengetahuan peserta didik abad ke-21.
a.       Life and Career Skills
Menurut Eric Hoffer kita berada dalam masa perubahan besar, Fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi merupakan keterampilan yang penting untuk belajar, bekerja, dan kewarganegaraan. Laju perubahan teknologi memaksa kita semua untuk beradaptasi cepat untuk cara-cara baru berkomunikasi, belajar, bekerja, dan hidup. Peralihan pekerjaan dan karier lebih sering, dan seluruhnya jenis pekerjaan baru yang timbul dari inovasi di berbagai bidang.
Life and Career skills (keterampilan hidup dan berkarier), meliputi:
1)   Fleksibilitas dan adaptabilitas: Peserta didik memiliki kemampuan mengadaptasi perubahan dan fleksibel dalam belajar dan berkegiatan dalam kelompok
2)   Memiliki inisiatif dan dapat mengatur diri sendiri: Peserta didik memiliki kemampuan mengelola tujuan dan waktu, bekerja secara independen dan menjadi peserta didik yang dapat mengatur diri sendiri.
3)   Interaksi sosial dan antar-budaya: Peserta didik memiliki kemampuan berinteraksi dan bekerja secara efektif dengan kelompok yang beragam.
4)   Produktivitas dan akuntabilitas: Peserta didik mampu mengelola proyek dan menghasilkan produk.
5)   Kepemimpinan dan tanggungjawab: Peserta didik mampu memimpin teman-temannya dan bertanggungjawab kepada masyarakat luas.
b.      Learning and Innovation Skills
Kebutuhan pengetahuan pekerja untuk membuat dan inovasi baru terhadap produk dan layanan yang memecahkan masalah nyata dan memenuhi kebutuhan pelanggan nyata adalah kekuatan pendorong utama untuk pertumbuhan ekonomi dan bekerja di abad ke-21. Learning and innovation skills (keterampilan belajar dan berinovasi) meliputi:
1)   Berpikir kritis dan mengatasi masalah: peserta didik mampu menggunakan berbagai alasan (reason) seperti induktif atau deduktif untuk berbagai situasi; menggunakan cara berpikir sistem; membuat keputusan dan mengatasi masalah
2)   Komunikasi dan kolaborasi: peserta didik mampu berkomunikasi dengan jelas dan melakukan kolaborasi dengan anggota kelompok lainnya.
3)   Kreativitas dan inovasi: peserta didik mampu berpikir kreatif, bekerja secara kreatif
c.       Information Media and Technology Skills
Keterampilan teknologi dan media informasi (Information media and technology skills), meliputi:
1)   Literasi informasi: peserta didik mampu mengakses informasi secara efektif (sumber informasi) dan efisien (waktunya); mengevaluasi informasi yang akan digunakan secara kritis dan kompeten; menggunakan dan mengelola informasi secara akurat dan efektif untuk mengatasi masalah.
2)   Literasi media: peserta didik mampu memilih dan mengembangkan media yang digunakan untuk berkomunikasi.
3) Literasi ICT: peserta didik mampu menganalisis media informasi; dan menciptakan media yang sesuai untuk melakukan komunikasi

No comments: