ASSALAMUALAIKUM WR. WB, Selamat datang di purnama-blog, semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca, Aamiin !!!

Saturday, April 8, 2017

Information literacy

Information literacy adalah mengenali kapan informasi dibutuhkan dan memiliki kemampuan untuk menemukan, mengevaluasi, dan menggunakan secara efektif informasi yang dibutuhkan.
Mengenali yang dimaksud adalah Kemampuan untuk mendefinisikan masalah informasi yang dihadapi dan mengidentifikasi informasi yang diperlukan merupakan kemampuan seseorang mengenali kapan informasi itu dibutuhkan. Sejumlah informasi yang kita peroleh kadang memiliki karakteristik yang berbeda tergantung dari sumber informasi, bentuk, dan jenis informasi serta untuk apa informasi itu kita cari.
Menemukan yang dimaksud adalah kemampuan untuk menemukan informasi secara efektif dan efisien. Seseorang yang menguasai information literacy skill mampu mencari, menentukan sumber-sumber yang tepat untuk masalah yang sedang ditangani dan mengakses informasi yang dibutuhkan tersebut.
Mengevaluasi yang dimaksud adalah mengevaluasi informasi dan sumber informasi secara kritis dan menggabungkan informasi terpilih kedalam pengetahuan sebelumnya atau kinerja secara efektif kepada orang lain. Mengorganisasikan dan mengintegrasikan informasi yang diperoleh dengan pengetahuan yang dimiliki. Informasi yang telah diperoleh dipilah, dibedakan antara fakta, pendapat dan khayalan dan mengecek ada tidaknya bias dalam sumber.

Menggunakan yang dimaksud adalah menggunakan informasi secara efektif untuk menyelesaikan tujuan tertentu. Seseorang yang mempunyai information literacy skill dapat menggunakan informasi yang baru dan informasi sebelumnya untuk merencanakan dan menciptakan hasil penelitian berupa pengetahuan baru dan dapat menyampaikan hasil pengetahuan barunya secara efektif kepada orang lain. Mengaplikasikan masukan, penilaian dan pengalaman yang diperoleh dari informasi untuk kegiatan yang akan datang dan menggunakan pengetahuan baru yang diperoleh untuk berbagai situasi.

No comments: