ASSALAMUALAIKUM WR. WB, Selamat datang di purnama-blog, semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca, Aamiin !!!

Friday, April 14, 2017

Tansfer Teknologi ( Teknik Informasi)

Teknologi merupakan suatu pemikiran intelektual manusia yang lahir dari suatu kegiatan penelitian dan pengembangan yang tentu saja membutuhkan waktu, tenaga dan biaya. Karena itulah teknologi mempunyai manfaat dan nilai ekonomis, sehingga merupakan suatu hal yang wajar apabila terhadap hak atas penemuan tersebut, penemu diberi perlindungan hukum sehingga akan dapat memacu semangat mereka untuk terus melakukan penelitian dan pengembangan teknologi.
Transfer teknologi, disebut juga dengan komersialisasi teknologi, adalah proses memindahkan kemampuan, pengetahuan, teknologi, metode manufaktur, sampel hasil manufaktur, dan fasilitas, antara pemerintah, universitas, dan institusi lainnya yang menjamin bahwa perkembangan ilmu dan teknologi dapat diakses oleh banyak pengguna. Hal ini penting demi pengembangan lebih lanjut dan penggunaannya menjadi produk, proses, aplikasi, material dan produk jasa baru. Transfer teknologi sangat erat kaitannya dengan transfer pengetahuan.
Menurut Marzuki Pelatihan adalah pengajaran atau pemberian pengalaman kepada seseorang untuk mengembangkan tingkah laku (pengetahuan, skill, sikap) agar mencapai sesuatu yang diinginkan.  Menurut pasal I ayat 9 undang-undang No.13 Tahun 2003. Pelatihan kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat ketrampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan dan pekerjaan.
Teknik informasi adalah memberikan informasi bagaimana teknologi dapat digunakan dengan semestinya. Contohnya adalah pemberian pelatihan sumber daya manusianya yang berhubungan dengan teknologi yang dikembangkan. Kelebihan program ini adalah SDM yang diberi pelatihan akan mendapat ilmu baru.
Kekurangan dari teknik informasi adalah biasanya kesulitan dalam bahasa yang digunakan jika pelatihan dilakukan oleh pihak asing/luar negeri. Pelatihan juga memakan biaya yang tidak sedikit. Tidak jarang pula pelatihan juga membutuhkan waktu yang lama. Kadang-kadang pelatihan yang diberikan juga membatasi apa yang diajarkan sehingga informasi yang didapat tidak maksimal.

No comments: